Ads

cara instal leptop yang tidak bisa booting bios

lagi-lagi kita diribetkan oleh teknologi, tanpa rasa skeptis yang tinggi kita tidak akan menemukan jawabanny. sebuah masalah bisa datang dari arah mana saja tanpa kita ketahui dan tanpa disadari. begitu pula masalah yang terjadi pada leptop/komputer yang kita miliki, semuanya terjadi tanpa di duga. sama halnya dengan kerusakan yang terjadi pada leptop pribadi ane.
ane pusing setengah mati, tidur kurang nyenyak, nafsu makan berkurang, pokoknya semua hal ane lalui dengan selow respon. itu semua karena leptop yang ane sayangi mendadak rusak, yang gk jelas kerusakannya apa dan bagaimana cara mengatasinya.  selama berminggu-minggu ane nyari tau, nyoba ini dan itu walhasil leptop ana bisa disembuhin dengan usaha keras yang ane lakuin. cukup sekian curhatnya,  dilanjutin ke-episode berikutnya lagi ye..
ketika ana me-restart leptop ane, tiba-tiba setelah menu option untuk masuk ke BIOS, leptop ane mengatakan "file not found"ane kaget, trus ana restart lagi, tetapi hasilnya tetap saja sama.. akhirnya ane memutuskan instal ulang, karena kasus seperti ini biasanya dikarenakan ada file di system yang corrupt yang membuat leptop tidak bisa membaca data yang ada, masalah tersebut bisa jadi karena systemnya terkena virus atau data systemnya tidak senga dihapus oleh tangan-tangan yang jail.

akan tetapi disini kasusnya berbeda, setalah ana nyiapin file windows untuk melakukan instal ulang, masalah barupun muncul..  leptop ana tidak bisa masuk BIOS yang fungsinya untuk memilih "booting priority" agar leptop memulai start dari Harddisk/Flashdisk yang sudah disiapin file windows yang akan di instal.

baik kita langsung saja bagaimana cara menginstall komputer atau leptop:
1.  keluarkan harddisk dari leptop atau komputer ( mengeluarkan harddisk tidak begitu susah yang perlu diperhatikan hanya lah letak baut yang berada pada komputer)
2. setelah harddisk dikeluarkan, backup (pindahkan) dulu file yang menurut anda penting untuk diamankan ke komputer lain.
3. setelah selesai, delete partisi harddisk yang akan diinstal, ( bisa di Unlocatede atau  dibuat primary. yang penting pastikan bahwa harddisk benar-benar kosong)
4. pasang kembali harddisk pada leptop/komputer.
5. tancapkan flashdisk/harddisk yang sudah ada file OS.nya lalu nyalakan leptopnya (secara otomatis leptop akan membaca file pada flashdisk/harddisk eksternal dikarenakan harddisk internal kosong/ tidak ada file sama sekali.
6. instal OS seperti biasanya..
# jika terjadi masalah pada saat instalasi progresnya tidak selesai atau setelah instal leptopnya sering hang, silahkan tinggalkan komentar#  insyaAllah ana akan memberikan jawabannya.

*di update-an selanjutnya ana akan menjelaskan cara instal leptop tanpa perlu bongkar leptop lagi. cara yang diatas merupakan langkah awal yang memang harus dilewati.*


sambil nunggu instalan leptopnya selesai. panasin air trus buat ngopi deh...
wkwkw..




SHARE

Author

Hi, Its me Hafeez. A webdesigner, blogspot developer and UI/UX Designer. I am a certified Themeforest top Author and Front-End Developer. I'am business speaker, marketer, Blogger and Javascript Programmer.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment